LOKAKARYA “Konsep Penulisan Karya Ilmiah”

Nganjuk, 24 November 2021

Program Sarjana strata satu, jurusan Tarbiyah prodi Pendidikan agama Islam STAI Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk mengadakan lokakarya “Penulisan Karya Ilmiah”. Yang diadakan pada hari Selasa, 24 November 2021 di Aula kampus STAI Miftahul’ Ula Nglawak Kertosono Nganjuk. Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 orang mahasiswa dari semester 5 dan 7 prodi pendidikan agama Islam. Dengan tujuan melatih keterampilan dan kecakapan menulis karya ilmiah terutama skripsi. Tema lainnya merupakan merupakan materi karya ilmiah tambahan seperti strategi menulis buku, strategi menulis artikel di media massa, dan strategi menulis di jurnal bereputasi nasional.

Pengantar kegiatan ini disampaikan oleh Bapak Mukhlisin,M.Pd selaku Kaprodi PAI melalui sambutannya beliau berpesan bahwa
Civitas akademika harus mampu menyajikan karya ilmiah dalam bentuk tulisan. Mahasiswa mempunyai kewajiban menulis karya ilmiah yang baik.Reputasi dan kredibilitas suatu Perguruan Tinggi sangat ditentukan seberapa banyak civitas akademikanya melakukan publikasi karya ilmiah dan semakin banyak karya yang terpublikasikan maka semakin tinggi reputasi perguruan tinggi tersebut. Untuk menaikkan reputasi perguran tinggi, demikian tutur beliau.

Kemudian dilanjutkan pemateri acara inti dengan judul yaitu “Konsep Penulisan Karya Ilmiah”. Dalam presentasinya yaitu disampaikan oleh Bapak Aan Nasrullah,M.E selaku ketua LP2M. Beliau menyampaikan tema “Tips Menulis skripsi dan karya ilmiah lainnya.
Dalam penyampaian materinya, beliau menekankan agar para mahasiswa terus belajar agar bisa menulis dengan baik dan benar. Menulis bukanlah hal yang baru dan banyak manfaatnya, jangan sampai menjadi mahasiswa yang egois yaitu menulis penelitian hanya untuk sekedar lulus. Padahal hasil penelitian itu diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.Selain itu beliau juga menyampaikan tentang “Teknik Penulusuran Pustaka Online, Paraphrasing dan Penggunaan aplikasi Mendeley”. Pada pemaparan materinya, dosen yang biasa dipanggil Pak Aan ini menjelaskan tentang mudahnya mencari referensi melalui media online. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa untuk tidak segera menyelesaikan tugas akhirnya berupa skripsi. Selain menyampaikan materi yang sifatnya teori, beliau juga langsung mempraktekan bagaimana cara mencari referensi via online. Selain itu juga disampaikan tentang bagaimana caranya agar terhindar dari melakukan plagiat ketika menulis karya ilmiah. Kemudian beliau juga menyampaikan materi “Teknik Merubah Skripsi Atau Makalah Menjadi Artikel Yang Siap Terbit Di Jurnal Ilmiah”. Pada presentasinya beliau menyampaikan tentang dasar hukum publikasi ilmiah bagi sarjana. Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa keterampilan mahasiswa dalam mengkonversi skripsi menjadi artikel yang dipublikasikan ke jurnal adalah sebuah keniscayaan.

Hal ini menunjukan betapa pentingnya mahasiswa memahami bagaimana caranya mengkonversi skripsi menjadi artikel yang siap terbit di jurnal ilmiah. Untuk mewadahi itu, STAI Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk telah menerbitkan jurnal Lentera dan Edutech.
Dari keseluruhan proses, peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hingga akhir. Acara ditutup setelah adanya sesi tanya jawab dan foto bersama. Semoga acara ini bisa meningkatkan kompetensi dan motivasi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Amin

Kerja keras cerdas tuntas dan ikhlas menuju STAIM hebat bermartabat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *